dapatkan-keunikan-rendang-santapan-tradisional-legendaris-sumatera-barat

Dapatkan Keunikan Rendang Santapan Tradisional Legendaris

Posted on

Dapatkan Keunikan Rendang Santapan Tradisional Legendaris – Communitycollegespotlight

Communitycollegespotlight – Warung padang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di Indonesia dan banyak yang menjadi favorit. Di antara menu yang paling populer adalah rendang. Menu ini bercirikan rasa dark chocolate yang kaya dengan topping daging sapi yang kental.

Baca juga:  8 Tuan Rumah Piala Dunia 2022 – Qatar

Hidangan tradisional Minangkabau dari Sumatera Barat ini tidak hanya populer di seluruh nusantara, tetapi juga dikenal di luar negeri dan merupakan produk ekspor yang menguntungkan. Selain enak, rendang juga memiliki beberapa keunikan, mulai dari sejarahnya hingga dianggap sebagai salah satu masakan terlezat di dunia.

Lalu Apa Yang Spesial Dari Rendang?

Menurut catatan sejarah, Rendang sudah ada ketika bangsa Arab dan India tiba di pantai barat Sumatera pada abad ke-14. Orang Arab dan India mempengaruhi produksi rendang dengan membawa bumbu dan bumbu ke Indonesia.

Kemudian, pada abad ke-16, orang Minang mulai merantau ke berbagai pelosok tanah air, menjadikan keunikan makanan rendang sebagai hidangan pokok dalam perjalanan jauh karena daya simpan dan umur simpannya yang lama.

Rendang juga diprediksi muncul sebagai langkah dalam proses pembuatan gulai. Bedanya keunikan dari rendang lebih tahan lama dibanding kari karena lebih kering.

Baca juga: Siaran Langsung Kualifikasi Piala Dunia 2022

Ikon masakan Indonesia dan warisan kuliner khas Sumatera Barat, masakan keunikan rendang padang memiliki empat filosofi atau makna dalam bahan utamanya:

1. Pilihan daging

Daging rendang biasanya diperoleh dari sapi atau kerbau. Pemilihan daging penting sebagai simbol penghormatan terhadap orang yang lebih tua, seperti orang tua atau pemimpin klan.

2. Santan

Santan dalam masakan rendang berguna untuk penyedap rasa dan membuat daging lebih empuk dan juicy. Dalam filosofi, santan melambangkan sosok cerdas yang membantu kehidupan manusia.

3. Pedas

Rendang biasanya sedikit pedas karena cabai yang menambah cita rasa. Rasa rendang yang pedas atau pedas menggambarkan tokoh agama atau ulama di masyarakat yang mendukung ajaran Islam.

4. Aneka bumbu dan bumbu

Bumbu dan bumbu untuk rendang antara lain kapulaga, jahe, lengkuas, bawang merah, cabai merah, pala dan jinten. Dengan kata lain, keragaman bumbu dan bumbu melambangkan masyarakat yang berbeda, namun tetap satu.

Walaupun  ini salah satu menu makanan yang mudah didapatkan di warung Padang, tidak semua rendang menggugah selera. Meski demikian, rendang buatan orang Minang ini memiliki cita rasa yang unik, terutama rendang yang kaya akan kuah hitam.

Rendang paling enak direbus selama 7-8 jam hingga bumbu meresap dan hanya tersisa minyak kemerahan. Hal ini dilakukan sesuai dengan arti dari nama aslinya rendang yang berasal dari marandang yaitu proses memasak makanan dengan mengeluarkan air.

Jika dimasak dengan benar, rendang bisa disimpan selama 3-4 minggu di suhu ruang Dengan bumbu yang kaya dan rasa yang unik, rendang terpilih sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN Travel’s Best Meals 2017.